Tak Diketahui, Penyebab Kebakaran di Taman Nasional Komodo

Kebakaran yang melumat padang sabana (savana) di sebagian Pulau Komodo tidak sampai berdampak kepada populasi komodo. Kebakaran tepatnya berlokasi di Laju Pemali di bagian barat pulau yang termasuk Kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Tidak ada komodo di sana (Laju Pamali),” kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang, Senin 9 Agustus 2021.

Kebakaran padang savana, Lukita menerangkan, terjadi di sebelah barat Pulau Komodo, sekitar Laju Pemali, sebelah selatan Loh Wenci. Di lokasi yang terakhir inilah, juga di kawasan bernama Loh Liang, populasi komodo biasa terdapat.

Lukita mengaku belum mengetahui luasan pasti areal yang terbakar dan penyebab kebakaran, namun api disebutnya sudah berhasil dikendalikan dan dipadamkan. Sebanyak 20 petugas tim Balai Taman Nasional Komodo dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang diketahui mulai berkobar Sabtu sore. Mereka dibantu di antara sejumlah personel TNI dan Polri yang dikirim ke pulau itu pada Sabtu malam.

Sebelumnya pada 1 Agustus 2018 lalu, padang savana di Pulau Gili Lawa, Taman Nasional Komodo juga mengalami kebakaran hebat. Pada rumput dan beberapa kelompok pepohonan di areal seluas 10 hektare habis terbakar. Saat itu juga diyakinkan tidak ada komodo yang menjadi korban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.