Persiapan Berangkat Umroh yang Perlu Dilakukan

Salah satu yang perlu dipersiapkan ketika hendak melakukan ibadah umroh yaitu kemampuan dari para jamaah itu sendiri. Kemampuan di sini tidak hanya dalam segi finansial saja, tapi kemampuan fisik juga penting untuk diperhatikan.

Mempunyai kondisi fisik yang sehat dan prima, seseorang nantinya bisa menunaikan ibadah umroh mengingat pelaksanaannya cukup menguras tenaga. Maka dari itulah sangat penting untuk Anda mempersiapkan fisik dengan begitu baik sebelum berangkat umroh khususnya untuk Anda yang memang sudah memasuki masa lanjut usia.

Persiapan Berangkat Umroh

 

Vaksinasi Meningitis dan Influenza

Sejak tahun 2002 pemerintah kerajaan Saudi Arabia mewajibkan bagi seluruh jamaah umroh dari seluruh negara untuk melakukan kegiatan vaksinasi influenza dan udah penyakit yang tersebar melalui virus ini memang sangatlah berbahaya sehingga di sini Anda harus mempersiapkan kesehatan fisik dengan menerima vaksin lebih dahulu. Untuk melakukan vaksin ini Anda dapat berkunjung ke bandara yang menyiapkan klinik khusus vaksinasi.

Olahraga Rutin

Untuk menjaga kebugaran fisik Anda maka Anda harus rutin berolahraga. Olahraga secara teratur memang sangatlah dianjurkan untuk Anda yang ingin berangkat menunaikan ibadah umroh. Tidak perlu melakukan jenis olahraga yang berat, Anda di sini cukup rutin melakukan kegiatan olahraga yang ringan seperti jogging dengan santai, bersepeda ataupun berenang selama 30 menit tiap harinya.

Dengan Anda rutin berolahraga, Anda tak hanya akan jadi lebih segar atau bisa mengontrol tekanan dan gula darah saja tapi Anda juga bisa membiasakan tubuh untuk dapat bergerak secara teratur dan tidak kaget ketika nantinya melaksanakan rangkaian ibadah umroh.

Cek Kesehatan Dengan Menyeluruh

Sebelum Anda menunaikan ibadah umroh Anda nantinya juga perlu untuk melakukan cek kesehatan dengan lebih menyeluruh. Di sini Anda bisa mengkonsultasikan keluhan kesehatan yang mungkin Anda miliki pada dokter untuk mempersiapkan dan mengatasi fisik Anda dalam kondisi yang prima.

Sebaiknya Anda tidak mengabaikan pemeriksaan secara meluruh karena menderita sakit ketika berada di tanah suci tidak hanya merepotkan saja tapi juga akan membuat ibadah umroh Anda jadi tidak lancar. Dengan di sini Anda melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan dengan menyeluruh Anda bisa melakukan kegiatan antisipasi.

Istirahat Cukup

Memastikan tubuh Anda memperoleh waktu istirahat yang benar-benar cukup juga tak kalah penting sebagai langkah persiapan umroh. Hindari untuk Anda memaksakan diri bekerja ketika sudah merasa sangat kelelahan. Jika di sini Anda tidak mempunyai waktu tidur yang berkualitas atau cukup maka kesehatan bisa terganggu.

Maka dari itulah sebaiknya Anda perbanyak waktu beristirahat sebelum Anda melangsungkan kegiatan perjalanan umroh. Hal itu mengingat perjalanan dari Indonesia menuju ke Arab Saudi memerlukan waktu setidaknya 9 jam perjalanan. Karena itu manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat agar tubuh tetap sehat.

Bawa Obat-Obatan Pribadi

Hal yang perlu dipersiapkan terakhir yaitu Anda harus membawa obat-obatan pribadi. Terlebih jika di sini Anda memang menderita satu jenis penyakit tertentu, sehingga perlu mengonsumsi obat yang telah dokter resepkan untuk Anda. Obat-obatan pribadi yang perlu untuk dibawa seperti minyak gosok, minyak angin, obat diare, obat anti nyamuk, obat alergi dan lain-lain.

Itulah tadi ulasan mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan ketika Anda hendak berangkat umroh. Agar nantinya Anda tidak terlalu lama mengantri, maka disarankan bagi Anda mengambil umroh plus.

Biaya umroh memang tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya Umroh reguler. Namun hal itu sepadan dengan fasilitas yang bisa didapatkan nantinya. Namun sebelum itu Anda harus memastikan bahwa Anda sudah memilih travel umroh terpercaya dan terdaftar di Kementerian Agama.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.