Pengertian Haji Plus dan Haji Furoda

Dalam menunaikan ibadah haji umumnya terdapat beberapa jalur yang bisa digunakan. Secara umum di sini jalur yang memang banyak sekali dipilih yaitu jalur haji reguler. Oleh karena banyaknya orang yang mendaftar melalui haji reguler tersebut maka tak heran jika antrian yang harus dilewati cukup panjang.

Bahkan di sini calon jemaah haji perlu menunggu giliran untuk bisa berangkat haji hingga belasan bahkan puluhan tahun. Tapi untuk Anda yang tidak ingin menunggu terlalu lama saat ingin menunaikan haji maka terdapat jalur lain yang nantinya dapat dipilih, yaitu haji furoda dan haji plus. Sekalipun begitu Anda perlu menyiapkan biaya haji plus dan haji furoda yang memang tidak sedikit untuk mengambil jalur tersebut.

Apa Pengertian Haji Plus dan Haji Furoda?

 

Biaya haji plus dan haji Furoda memang tergolong tinggi tapi hal itu sangat sepadan dengan masa tunggu yang tidak terlalu lama dan juga fasilitas yang bisa didapat ketika Anda menunaikan haji. Untuk mengetahui perbedaan antara haji plus dan haji Furoda maka Anda perlu membaca uraian yang akan diberikan di bawah ini.

haji plus itu sendiri seringkali dikenal juga dengan sebutan haji ONH plus. Yaitu merupakan paket haji yang telah diatur berdasar pada kuota pemerintah melalui pihak Kementerian Agama. Dari segi biaya haji plus memang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan paket haji reguler yang umum dipilih oleh kebanyakan masyarakat.

Dengan Anda memilih haji plus maka Anda hanya perlu menunggu keberangkatan haji 5 hingga 9 tahun saja. Berbeda lagi untuk haji furoda yang disebut juga dengan haji mujamalah. Jalur haji yang satu ini juga telah diatur oleh pemerintah melalui undang-undang nomor 8, 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan juga umroh.

Melalui aturan itulah dijelaskan bahwasanya haji furoda atau mujamalah ini merupakan suatu program haji yang memperoleh kuota secara khusus dari pemerintah negara Arab Saudi. Tentunya dalam hal tersebut statusnya yaitu resmi dan legal karena mempunyai landasan hukum yang jelas.

Bahkan haji furoda cenderung lebih istimewa jika dibandingkan dengan haji plus karena dapat langsung berangkat tanpa perlu menunggu antrian lagi. Beberapa dari Anda tentu merasa penasaran mengenai berapa biaya untuk haji furoda dan haji plus.

Karena antrian yang memang tidak terlalu lama dan tidak panjang serta terdapat beberapa fasilitas istimewa yang disediakan, maka tentunya biaya yang harus dibayar lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya haji reguler.

Di Tahun 2022 ini biaya untuk haji plus sebesar Rp 164 juta. Tapi dengan Anda mengambil paket haji plus tersebut Anda perlu menunggu antrian keberangkatan sekitar 5 hingga 9 Tahun lamanya. Sedangkan untuk biaya haji furoda tahun 2022 ini memang lebih mahal jika dibandingkan harga untuk haji plus. Yang dibutuhkan untuk gaji Furoda yaitu sebesar 231 juta.

Masing-masing jalur haji yang nantinya Anda pilih tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk Anda yang ingin harga yang cukup terjangkau dan tidak terlalu lama menunggu antrian maka disarankan untuk mengambil paket haji plus.

Haji plus tersebut setidaknya Anda harus menunggu paling cepat 5 tahun dan paling lama 9 tahun dengan harga yang tidak terlalu mahal dan tidak juga terlalu murah. Pastikan di sini Anda memilih travel haji plus yang terpercaya agar terhindar dari penipuan. Selain itu juga supaya nantinya fasilitas yang Anda dapat benar-benar sesuai dengan harga yang Anda bayar.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.