Pelatih Malaysia Puji Setinggi Langit Timnas Indonesia, Blak-blakan Ingin Tiru Taktik Shin Tae-yong

Pelatih Malaysia, Kim Pan gon memuji setinggi langit Timnas Indonesia setelah berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Menurut Kim Pan gon, Timnas Indonesia akan menjadi tim terbaik di masa depan dan Malaysia harus mencontohnya. Selain itu, Kim Pan gon juga blak blakan bahwa dirinya ingin meniru strategi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong.

Diketahui, Timnas Indonesia berhasil menjadi satu satunya wakil ASEAN yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebelumnya, enam negara ASEAN lainnya harus gugur di putaran kedua. Kelima negara tersebut adalah, Malaysia, Myanmar, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

Kepastikan Timnas Indonesia lolos ke round 3 setelah mengalahkan Filipina di partai pamungkas Grup F, Selasa (11/6/2024) malam WIB. Tim asuhan Shin Tae yong berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2 0 saat main di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Besok Rabu 17 April 2024, Info BMKG 31 Wilayah Ini Waspada Hujan Lebat

Peringatan Dini BMKG Rabu 21 Februari 2024, Info Sejumlah Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem Hari Ini Profil Rahmijati Jahja Bakal Calon DPD RI Dapil Gorontalo di Pemilu 2024 Info BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hari Ini Rabu 28 Februari 2024, BMKG: Waspada 32 Wilayah

Peringatan Dini BMKG Besok Sabtu 10 Februari 2024: Waspada 26 Wilayah Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Peringatan Dini Besok Rabu 28 Februari 2024, Info BMKG 25 Wilayah Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Dua gol dari Timnas Indonesia dicetak oleh Thom Haye melalui tendangan jarak jauh pada menit ke 32, serta tandukan Rizky Ridho di menit ke 56.

Keberhasilan menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini membuat Timnas Indonesia mencetak sejarah besar. Yakni, untuk pertama kalinya menembus putaran ketiga dalam sejarah Merah Putih mengikuti Kualifikasi Piala Dunia. Sebab, sebelumnya perjalanan Timnas Indonesia selalu mentok di putaran kedua saja.

Kini setelah berhasil menembus putaran ketiga, Timnas Indonesia pun langsung mendapatkan pujian setinggi langit dari pelatih Malaysia, Kim Pan gon. Kim Pan gon pun menyebut tim asuhan Shin Tae yong tersebut akan menjadi skuad terbaik. "Timnas Indonesia akan segera menjadi tim terbaik dengan apa yang telah mereka coba pada masa lalu," kata Kim Pan gon dikutip dari media Vietnam, .

"Malaysia harus jadi penantang mereka," tutur Kim. Lebih lanjut, Kim Pan gon menegaskan bahwa dirinya ingin meniru taktik Shin Tae yong. Adapun taktik yang dimaksud adalah berburu pemain keturunan berkualitas di luar negeri.

"Mungkin kami bisa mencontoh pelatih pelatih Indonesia, mereka terbang ke Eropa untuk mencari pemain naturalisasi," katanya. Meski begitu, Kim Pan gon juga tetap mendukung untuk melahirkan bakat bakat pemain lokal dalam negeri. "Namun, bagi saya yang paling penting adalah pengembangan sistem yang dapat menghasilkan pemain pemain lokal terbaik," ungkap Kim Pan gon.

Setelah gagal ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, fokus Malaysia kini beralih ke Kualifikasi Piala Asia 2027. Kim Pan gon pun menyatakan akan tetap membimbing Harimau Malaya bersaing meraih tiket Piala Asia 2027. "Saya ingin bertahan, saya tidak pernah meminta untuk meninggalkan tim," kata Kim Pan gon.

"Kami akan terus berjuang. Meninggalkan tim bukanlah tanggung jawab yang bisa saya ambil," ujarnya. Diketahui, sebanyak 18 tim yang lolos dari putaran kedua nanti akan diundi untuk masuk ke dalam tiga grup yang masing masing berisi enam tim di putaran ketiga. Mekanismenya, nantinya 18 tim tersebut akan dimasukkan ke dalam enam pot sebelum melalukan drawing penentu grup putaran ketiga.

Sehingga nantinya masing masing grup akan diisi satu tim mulai dari pot 1 hingga pot keenam. Adapun penentuan pot didasari dari ranking FIFA masing masing peserta. Kondisi tersebut membuat Timnas Indonesia ditempatkan di pot terakhir karena ranking Timnas Indonesia saat ini berada di posisi 133 ranking FIFA.

Namun satu hal yang pasti, Timnas Indonesia akan menghadapi tim yang berada di pot 1 di putaran ketiga nanti. Satu hal yang pasti, Timnas Indonesia akan menghadapi tim yang berada di pot 1 di putaran ketiga nanti. Jika melihat daftar tim yang sudah lolos ke putaran ketiga, Timnas Indonesia berpotensi melawan Iran, Jepang dan Korea Selatan di Round 3.

Sebab berdasarkan ranking FIFA saat ini, ketiga tim tersebut menempati urutan paling atas ketimbang konsestan yang lainnya. Jepang saat ini memimpin di urutan ke 17 ranking FIFA. Sedangkan Iran berada di peringkat ke 20, dan disusul Korea Selatan di posisi ke 22 dunia.

Adapun ketiganya juga sudah dipastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Jepang sudah dipastikan finis sebagai juara Grup B setelah memiliki 18 poin dari enam laga. Begitu pula dengan Korea Selatan, negara asal Shin Tae yong itu juga telah dipastikan finis sebagai juara Grup C setelah meraih 16 poin dari 6 laga.

Sedangkan Iran saat ini masih berburu status juara Grup E. Meski sudah dipastikan lolos, saat ini Iran memiliki poin yang sama dengan Uzbekistan yang berada di urutan kedua Grup E dengan perolehan 13 angka. Meski begitu, belum dapat dipastikan tim mana di antara ketiganya yang bakal menjadi lawan Timnas Indonesia nanti.

Sebab, nantinya masih akan dilakukan drawing terlebih dahulu untuk menentukan Grup di putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Yang jelas di antara ketiga tim di atas bakal menjadi lawan Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Grup A Qatar dan Kuwait

Grup B Jepang dan Korea Utara Grup C Korea Setalan dan Cina Grup D Oman dan Kirgistan

Grup E Iran dan Uzbekistan Grup F Irak dan Indonesia Grup G Arab Saudi dan Yordania

Grup H Uni Emirat Arab dan Bahrain Grup I Australia dan Palestina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *