Manfaat Rambutan Si Buah Super Kurangi Pembengkakan Kandung Kemih

TEMPO.CO, Jakarta – Belum lama ini media Singapura melaporkan kejadian 4 orang tertangkap basah sedang memetik buah rambutan di atas tanah milik negara, tepatnya di Jalan Clementi 14 Blok 101 pada 10 Juli 2021 lalu. Tindakan ini berakibat pelaku bisa dikenakan sanksi berupa denda sebesar 5000-50.000 SGD atau sekitar Rp 50 juta dan enam bulan penjara.

Sebagaimana dilansir dari laman mustshare.com, di Singapura, tindakan memetik atau mengumpulkan buah dari pohon yang berada di atas tanah milik negara merupakan sesuatu yang ilegal. Terlebih, pohon rambutan di Singapura terancam punah seperti dilansir dari situs National Parks Board (NPark) Singapura.

Membicarakan rambutan, tanaman dari buah ini dapat tumbuh hingga ketinggian mencapai 25 meter. Buah rambutan juga dikenal kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Melansir laman webmd.com, dengan mengonsumsi antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas. Selain itu, juga dapat mengurangi potensi terkena kanker pada tubuh. Dikutip dari beberapa sumber, berikut manfaat rambutan bagi kesehatan tubuh.

Sumber Zat Besi

Rambutan juga dikenal sebagai ‘buah super’ karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Melansir laman medicaldaily.com, buah rambutan dapat dijadikan sebagai sumber zat besi, guna mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh dan mencegah kekurangan darah atau anemia.

Meredakan Kram Otot

Kandungan mineral yang tinggi pada rambutan dipercaya dapat meningkatkan fungsi otot secara maksimal. Melansir laman netmeds.com, rambutan dapat dijadikan salah satu alternatif penyembuhan nyeri otot dan kram sehingga cocok dikonsumsi pasca olahraga atau kegiatan yang membutuhkan tenaga otot ekstra.

Menyehatkan Kulit dan Rambut

Diperkaya kandungan air yang tinggi, rambutan dapat membantu menghidrasi tubuh sehingga kulit menjadi lembut. Efek ini juga memberikan pengaruh baik bagi kualitas rambut.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Melansir laman webmd.com, kandungan vitamin C pada rambutan berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakkan di kandung kemih. Antioksidan pada rambutan juga dapat menghilangkan radikal bebas dan membantu menghindari oksidasi pada sel-sel dalam organ sistem ekskresi.

NAOMY A. NUGRAHENI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.