Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Merawat Mobil Avanza

Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor, khususnya di sini mobil, tentunya tidak bisa mengabaikan pentingnya perawatan secara rutin. Dengan melakukan perawatan rutin tersebut kondisi dari mobil Anda akan tetap prima. 

Tidak hanya dari sisi mesin mobil saja yang disini memerlukan perawatan, namun seluruh komponen yang terdapat di dalam mobil pun juga perlu untuk Anda berikan perawatan secara berkala.  Karena tiap-tiap komponen yang terdapat di dalam mobil mempunyai fungsi tersendiri. 

Sehingga kinerja dari mobil pun juga akan bisa tetap bekerja secara baik dan optimal. Dalam melakukan perawatan mobil memerlukan pengetahuan dasar supaya Anda tidak keliru. Terutama bagi Anda yang saat ini memiliki mobil Avanza

Sebagian besar dari para pengguna tidak menyadari, terkadang hal-hal yang ia lakukan selama ini salah dalam melakukan perawatan. Berikut ini telah dirangkum beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemilik Toyota Avanza dalam merawat mobilnya, antara lain yakni :

Apa Saja Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Merawat Mobil Avanza ?

 

  • Mencuci Mobil Menggunakan Deterjen

Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan oleh para pemilik mobil, yaitu mereka mencuci mobil dengan menggunakan deterjen. Bodi mobil memang akan cenderung mengkilap ketika Anda mencucinya menggunakan deterjen.

Hal itu wajar, karena memang deterjen memiliki kandungan yang bisa membuat permukaan dari kaca atau pun besi jadi lebih bersih. Namun tahukah Anda bahwa hal tersebut mempunyai resiko yang besar jika terlalu sering diterapkan. Pemakaian deterjen yang digunakan untuk mencuci mobil hanya akan membuat warna dari cat mobil cepat mengalami pudar.

  • Menginjak Gas Saat Mobil Baru Nyala

Kesalahan berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu Anda kerap kali menginjak gas ketika mobil baru saja dinyalakan saat pagi hari. Sebaiknya di sini ketika mobil baru dinyalakan, maka Anda tidak langsung menginjak gas. 

Sebab, mesin tersebut baru saja hidup, maka secara otomatis komponen yang terdapat di dalamnya tidak akan langsung menerima pelumas dari bahan bakar. Oleh karena itu, disarankan sebaiknya Anda menunggu beberapa saat, lalu Anda bisa langsung menginjak gas.

  • Membersihkan Kabin Menggunakan Air

Hal yang satu ini memang kerap kali dilakukan, yaitu membersihkan lantai dari kabin mobil memakai air. Tentunya Anda berniat dan berencana untuk membersihkan lantai tersebut dan supaya lantai tidak kotor. Namun Anda perlu tahu bahwa itu adalah cara yang salah. Membersihkan kabin yang dilakukan dengan menggunakan air dapat berpengaruh terhadap keawetan dari body mobil itu sendiri. 

Mobil nantinya akan cepat berkarat ketika terlalu sering berkontak langsung dengan air. Tidak hanya itu saja, mencuci lantai kabin menggunakan air pun dapat berakibat pada rusaknya fitur audio ataupun aliran listrik yang terganggu.

  • Menggunakan Pembersih Kaca

Membersihkan kaca mobil yang ada di bagian belakang menggunakan cairan pembersih kaca merupakan hal yang juga kerap kali dilakukan oleh para pemilik mobil, tidak terkecuali mobil Avanza. Nyatanya hal ini bisa merusak komponen yang terdapat di dalam kabel pemanas defogger. 

Sementara untuk menghindari hal tersebut, maka solusi tepat yang bisa anda lakukan yaitu dengan Anda membersihkan kaca mobil di bagian belakang tersebut memakai kain lap yang cukup lembab dan selanjutnya Anda basahi menggunakan air hangat. Proses membersihkannya sendiri dapat dilakukan dengan cara perlahan dan merata. Tujuannya yakni agar nantinya tidak ada debu yang menempel di bagian kaca belakang mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.