Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Sablon Kaos

Salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan dan pembukaan lapangan usaha untuk warga sekitar rumah anda adalah bisnis sablon kaos atau baju, cetak stiker dan juga costum printing.

Bisnis ini memiliki pasar yang luas dan prospek yang bagus, apalagi jika anda memiliki jaringan pertemanan yang banyak dan juga kemampuan untuk memasarkan jasa anda secara baik. Menjadi sukses dalam bisnis sablon bukan tidak mungkin bisa anda raih.

Namun, yang namanya bisnis tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri, begitupun dengan bisnis sablon. Lalu, apa saja plus minus dari bisnis kaos sablon?. Mari kita ulas.

Apa Saja Kelebihan Bisnis Sablon?

  1. Modal Kecil

Sebetulnya bisnis sablon dapat dimulai dengan modal yang kecil. Anda hanya membutuhkan alat sablon manual dan beberapa jenis tinta untuk menghasilkan cetakan sablon pertama anda.

Namun, untuk melakukan itu, tentu saja anda harus memiliki keahlian tertentu. Jika anda tidak memiliki pengalaman, di tahap-tahap awal mungkin anda akan mengalami kegagalan dalam melakukan sablon.

Namun, lama kelamaan anda akan menjadi ahli jika terus mengevaluasi dan belajar dari setiap kegagalan melakukan pencetakan.

  1. Peminat Banyak

Usaha sablon memiliki pasar yang luas, baik dari perorangan ataupun komunitas. Anda bisa mempromosikan usaha anda pada orang-orang yang ingin kaos yang digunakannya unik, berbeda dari yang lain.

Atau anda bisa mempromosikan usaha anda pada komunitas-komunitas yang ada disekitar anda, baik itu komunitas sepeda, burung, motor atau bahkan komunitas-komunitas yang ada di sekolah-sekolah.

 

Kekurangan Bisnis Sablon

  1. Membutuhkan Keahlian Khusus

Membuka usaha sablon membutuhkan keahlian khusus baik dalam hal desain ataupun keuletan anda ketika melakukan pencetakan, karena bagaimanapun detail merupakan hal penting dari setiap pencetakan.

Seperti disebut diatas, anda juga harus memiliki skill mengoperasikan aplikasi semacam corel draw dsj. Ini dikarenakan terkadang konsumen meminta anda yang membuatkan desain, sedangkan ia tinggal terima beres. Hal tersebut tentu saja mengharuskan anda untuk menguasai aplikasi-aplikasi desain untuk membuat sampel ataupun portopolio.

  1. Banyak Saingan

Persaingan dalam bisnis sablon ataupun printing sudah sangat marak, apalagi jika anda tinggal di area perkotaan. Kebanyakan dari bisnis mereka pun sudah menggunakan mesin-mesin digital printing yang canggih yang bisa melakukan print dalam waktu cepat.

Namun, setiap usaha pasti memiliki celah yang dapat anda manfaatkan. Meskipun anda memulai usaha sablon dari sablon manual, seiring berjalannya waktu bukan tidak mungkin anda mempunyai modal untuk membeli mesin sablon digital dan peralatan-peralatan pendukung lainnya.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan usaha sablon. Untuk anda yang ingin memulai usaha sablon, mulailah sesuai dengan kemampuan anda, jangan memaksakan untuk membeli mesin yang harganya puluhan juta.

Belajarlah dari bawah, hargai proses, karena tidak ada kesuksesan yang didapat dengan cara cepat dan instan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.