Kasus New York, Ini Tips Hadapi Banjir Saat di Dalam Mobil

Kota New York diterjang banjir bandang pada Rabu malam, 1 September 2021. Bencana ini disebabkan rekor curah hujan yang tinggi akibat Badai Ida yang menerjang Louisiana setelah menyapu pantai dari Teluk Meksiko.

BBC melaporkan, banjir ini mengalir ke berbagai fasilitas umum seperti stasiun kereta bawah tanah hingga rumah-rumah penduduk. Bahkan banyak juga yang terjebak banjir saat sedang dalam kendaraan.

Saat sedang berada di dalam mobil dan dihadapkan dengan situasi banjir, pengemudi perlu melakukan langkah-langkah antisipasi agar tidak terseret banjir.

Kunci utama menghadapi situasi seperti ini adalah jangan panik.

Berikut adalah tips menghadapi banjir saat berada di dalam mobil seperti dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Jumat, 3 September 2021:

1. Jika mobil sudah terendam, segera matikan mesin. Setelah itu dorong mobil menggunakan cara manual alias pakai tangan dan pastikan transmisi dalam keadaan netral.

2. Buka sabuk pengaman dan apabila volume air tidak menghalangi pintu, segera buka pintu dan keluar dari kendaraan.

3. Jika volume air menghalangi pintu, keluarlah dari jendela dengan memecahkan kaca menggunakan benda tajam atau palu keselamatan (safety hammer). Jangan memecahkan kaca bagian depan.

4. Setelah banjir surut, pastikan periksa kondisi kendaraan. Jangan langsung menghidupkan kendaraan, tetapi segera lepas aki atau lepaskan kabel aki dan segera derek kendaraan menuju bengkel resmi untuk dilakukan perawatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.