Baliho Politik saat Pandemi, Ernest Prakasa dan Sujiwo Tejo Beri Sindiran

Komika dan sutradara, Ernest Prakasa mempertanyakan maraknya baliho para politikus Indonesia seperti Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, dan Agus Yudhoyono. Baliho untuk menonjolkan ketokohan mereka itu bertebaran sebagai persiapan Pemilu 2024, di saat rakyat Indonesia masih banyak yang menderita karena pandemi.

Ernest membuat cuitan langsung ditujukan kepada Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. “Pak Airlangga dan Ibu Puan Maharani, itu bajet beriklan untuk personal branding anda berdua apa nggak sayang duitnya? Gak mau dipakai untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat aja?” cuit Ernest di akun Twitternya, Jumat, 6 Agustus 2021.

Tak hanya Ernest yang mempertanyakan para politikus dengan baliho curi start kampanye itu. Sujiwo Tejo membuat sindiran dengan cara jenaka. Ia mengunggah foto Lionel Messi yang baru saja meninggalkan Barcelona untuk membuat meme tentang baliho itu. “Akibat kurang masang baliho, ia kini terlunta-lunta,” cuitnya, Sabtu, 7 Agustus 2021.

Semalam, seniman, penulis, dan budayawan ini membuat cuitan sarkastik dengan menampilkan obrolan guru dan murid PAUD. “‘Anak-anaaaaaakkk….kenapa pada males berjemur…berjemur itu bagus buat mencegah Covid-19,’ bu guru PAUD. ‘Bukan males, Buuuu….Tapi mataharinya kehalang banyak baliho, Buuuu….’,” cuit Sujiwo Tejo.

Unggahan dimaksudkan menyindir juga dilakukan KH. Mustofa Bisri atau Gus Mus di halaman Instagramnya, Sabtu, 7 Agustus 2021. Ia mengunggah kolase foto yang menampilkan situasi yang bertentangan. Pada bagian atas merupakan foto-foto baliho Puan, Airlangga, Muhaimin, dan Agus. Bagian bawahnya, merupakan foto-foto nakes yang sedang berjibaku menyelamatkan nyawa pasien Covid-19. Lalu ada satu foto baliho yang bertuliskan, “Billboard ini kami dedikasikan buat anak yatim.”

Tidak ada keterangan pada unggahan foto Gus Mus. Ia hanya memberikan emotikon senyum terbalik melihat fenomena maraknya baliho curi start saat masyarakat masih berjuang selamat dari pandemi ini.

Cuitan Ernest Prakasa sendiri, dicuitkan di berbagai akun gosip. Pada cuitan yang disukai 10 ribuan pengguna Twitter itu memancing balasan lebih dari 500an. “Pas banget ini orangnya lagi bersebelahan, siapa tahu dengar,” cuit @afifjude yang mengunggah foto baliho Puan dan Airlangga dalam posisi berseberangan. Ada juga yang mengunggah meme spanduk Kepak Sayap Kebhinekaan Puan itu sudah menjejakkan diri di bulan bersama Neil Amstrong. “Iklan Mbak Puan sudah ada di bulan sejak tanggal 29 Juli 1969,” cuit @yondaktahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.