7 Kreasi Olahan Makanan dari Wortel yang Mudah Dibuat di Rumah

Wortel memang terkenal sebagai sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A, yang baik untuk kesehatan mata. Dengan begitu, wortel bisa digunakan sebagai sayuran untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan mana. Namun, jika anak Anda kesulitan untuk mengkonsumsi wortel secara langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan yang enak.

Olahan Makanan dari Wortel

Berikut ini beberapa kreasi olahan makanan dari wortel yang bisa Anda sajikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A pada anak.

  1. Orak-Arik Wortel Telur

Jika Anda hanya memiliki wortel dan telur di rumah, Anda bisa membuat telur orak-arik. Resep orak-arik telur wortel ini menggunakan bahan yang sederhana, hanya bawang merah, bawang putih, dan cabai yang dicincang.

  1. Acar Kuning

Acar wortel kuning cocok sebagai pelengkap sate. Biasanya acar wortel kuning dimasak dengan buncis atau mentimun, tetapi jika tidak ada, Anda bisa melewatkannya. Untuk membuat bumbu kuning ini, Anda membutuhkan bumbu seperti cabai, cuka, serai, lengkuas, dan daun salam. Jangan lupa tambahkan santan agar rasanya enak.

  1. Tumis Wortel dan Buncis

Selain orak-arik telur, wortel juga bisa dipadukan dengan buncis kemudian dimasak menjadi tumisan yang enak. Resep menggoreng wortel ini bisa menjadi pilihan jika Anda sedang terburu-buru atau tidak punya waktu untuk memasak. Adapun bumbunya hanya bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, penyedap masakan dan garam.

  1. Kroket Kentang Isi Wortel

Kroket kentang bisa diisi dengan wortel untuk nutrisi tambahan. Untuk menambah cita rasa, isian wortel ini bisa dimasak terlebih dahulu dengan daging ayam cincang dan susu atau krim masak. Rasa isian wortel menjadi lebih pedas dan creamy.

  1. Nugget Wortel

Bagi Anda yang memiliki anak, Anda bisa membuat nugget dengan tambahan wortel untuk kaldu bekunya. Resep nugget wortel ini sebenarnya sama dengan nugget lainnya. Tetapi dalam adonan Anda perlu menambahkan wortel parut. Jika suka, nugget wortel ini juga bisa disajikan sebagai isian mozzarella.

  1. Sup Wortel

Sup wortel bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin makan sup hangat. Saat Anda sakit, sup wortel ini bisa dimasak dengan tambahan jahe dalam bumbunya. Kaldu hangat akan membuat tubuh terasa lebih sehat dan efisien.

  1. Perkedel Tahu Wortel

Perkedel tahu ternyata bisa diisi dengan parutan wortel, warnanya lebih cantik dan rasanya lebih enak. Gorengan ini dapat disiapkan sebagai tambahan sup atau sebagai camilan sore. Agar tidak pecah, Anda bisa menambahkan sedikit tepung ke dalam adonan wortel dan tahu.

Itu dia tujuh kreasi olahan makanan dari bahan dasar wortel yang bisa Anda buat dengan mudah di rumah. Selain ketujuh kreasi makanan di atas, Anda juga bisa mengolah wortel menjadi jus, pancake hingga cake.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.