6 Tips Terhindar dari Keracunan Makanan dan Masalah Kesehatan Saat Kulineran

Menyantap beragam jenis makanan tentu sangat menyenangkan. Tapi, kamu perlu waspada saat kulineran. Jangan asal! Jika tidak teliti memilih makanan, maka kamu bisa saja berisiko mengalami keracunan atau gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, Nutritionist Mochammad Rizal, S.Gz,MS pun bagikan beberapa tips memilih kuliner yang aman agar terhindar dari masalah kesehatan hingga keracunan.

Ketika ingin berkunjung ke suatu tempat kuliner, manfaatkan teknologi yang ada saat ini. Lewat gawai atau internet, kita bisa melihat ulasan tempat makanan yang akan dikunjungi.Biasanya lewat ulasan dari orang orang yang pernah ke sana sebelumnya, kita bisa menilai. BREAKING NEWS : Forkompimda Sulawesi Utara Sidak Pasar Bersehati Kota Manado

BREAKING NEWS : Gibran ke Jarod Manado Sulawesi Utara Pagi Ini UPDATE Ranking FIFA Negara AFF usai Match 4 Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia Naik 9 Peringkat BREAKING NEWS: 22 Kepala Sekolah Dirolling Pemkot Manado Sulawesi Utara

BREAKING NEWS: Seorang Wanita di Manado Sulawesi Utara Menikam Suaminya Kemudian jangan lupa melihat dokumentasi seperti foto atau video tempat makan tersebut. "Apakah foto tempatnya bersih, atau ada sarang laba laba dan seterusnya," imbuh Rizal

Sebelum kulineran, bisa menanyakan pendapat orang orang yang pernah mengunjungi tempat makan tersebut. Kamu bisa tanyakan bagaimana makanannya, dan suasana di sana. Pendapat dari orang yang pernah ke sana bisa menjadi pertimbangan. "Jadi pastikan kebersihannya mulai dari mejanya. Kemudian kebersihan alat, hingga dapur tempat mengolah makan. Coba diamati, apakah ada serangga seperti kecoa atau tikus," jelasnya.

Pastikan juga tempat makanan tidak berada dekat dengan pembuangan limbah. Selain tempat dan alat, pastikan juga kebersihan orang yang menyediakan makanan tersebut. "Apakah habis dari toilet, cuci tangan atau enggak. Kalau bersin ditutupin pakai lengan atau enggak. Di Instagram tuh kadang saya lihat pengolah makan itu langsung mengaduk dengan tangan. Otomatis kalau bisa dihindari," imbaunya.

Sebelum memegang makanan, hendaklah mencuci tangan dahulu. Jangan lupa gunakan sabun. Kalau tidak ada wastafel maka bisa menggunakan hand sanitizer. Apakah makanan terkontaminasi atau tidak. Misalnya di dalam makanan ada staples, rambut atau kertas.

"Jadi dicicip dulu untuk memastikan bahwa makanan ini ternyata memang sudah sesuai dengan rasa yang diharapkan," tutupnya. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *